Advertisement here

peran penyuluh perikanan dalam mendukung program minapolitan


Dalam rangka mendorong percepatan pembangunanan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan yang terintegrasi , efisien, berkualitas dengan konsepsi Minapolitan. Konsepsi minapolitan yang dikembangkan melalui kawasan minapolitan adalah untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan keunggulan komparatif dan kompetitif daerah sesuai dengan eksistensi kegiatan pra produksi, produksi, pengolahan dan atau pemasaran secara terpadu, holistik, dan berkelanjutan.
Berdasarkan peraturan menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No Per 12/Men/2010, menyebutkan minapolitan adalah konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi,efisiensi, berkualitas dan percepatan.
Kawasan minapolitan adalah suatu bagian wilayah yang mempunyai fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa , dan atau kegiatan pendukung lainnya
Tujuan dilaksanakannya minapolitan adalah untuk meningkatkan produksi, produktivitas, dan kualitas produk kelautan dan perikanan, meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah ikan yang adil dan merata. Mengembangkan kawasan minapolitan sebagai pusat perumbuhan ekonomi didaerah.
Terkait dengan peningkatan produksi, direktorat jenderal perikanan budidaya telah menetapkan target produksi mencapai 353 % dengan beberapa komoditas seperti rumput laut, udang , lele, nila, gurami, patin, karang mutiara, kerapu dan bandeng.Target produksi perikanan tangkap mencapai 6 % dengan komoditas lemuru, tuna, kembung, dan layang.
Untuk meningkatkan produksi itu dibutuhkan sumberdaya manusia (SDM) perikanan yang handal dan berkualitas guna melakukan kerja keras tersebut. Dan lebih dari itu dibutuhkan tenaga-tenaga profesional yang bisa mencetak SDM handal tadi, peran penting itu saat ini dilakoni oleh penyuluh perikanan.
Penyuluh perikanan berperan sentral sebagai motivator pelaku utama dan pelaku usaha, peran penyuluh perikanan sangat vital dalam pengembangan kelautan dan perikanan.
Keberhasilan pengembangan kawasan minapolitan adalah melalui pendekatan penyuluhan. Karena itu sangat wajar bila penyuluh perikanan diidentikan sebagai sosok pengerak dalam kaitannya dengan pengembangan kawasan minapolitan
Selain itu penyuluh adalah sebagai ujung tombak keberhasilan pembangunan pengembangan kawasan minapolitan, tugas dan tanggung jawab mereka antara lain sebagai pendamping, konsultan dan mitra kerja pelaku utama dan pelaku usaha perikanan. Penyuluh perikanan harus mampu untuk di percaya oleh pelaku utama dan pelaku usaha. Guna membantu mereka memecahkan masalah yang dihadapi. Faktor pendampingan yang selama ini dianggap kurang adalah menjadi penyebab rendahnya pemanfaatan sumberdaya air dan ikan.untuk itu penyuluh harus mampu merangkul pelaku utama dan pelaku usaha, caranya dengan menjunjung tinggi profesionalisme.
Tidak diragukan lagi penyuluh perikanan menjadi kunci penting dalam suksesnya pengembangan kawasan minapolitan. Penyuluh perikanan diharapkan mampu dan eksis didalam pelaksanaan penyuluh an serta profesiona
Next Post Previous Post