Advertisement here

proyeksikan otak yang seimbang

Keseimbangan kerja otak kita


Oleh= efrizar hartomy
    Dalam  kehidupan sering kali kita temukan  perbedaan yang mencolok  antara anak yang lebih memproyeksikan otak kanan atau anak yang lebih memproyeksi keotak kiri;
Fungsi otak kanan; berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). misalnya sosialisasi, komunikasi,interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi.pada otak kanan pula terdapat kemampuan intuitif, kemampauan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh,seperti menyanyi ,menari dan melukis,
Otak kiri berfungsi; berfungsi dalam hal2 yang berhubungan dengan logika, rasio, membaca,serta merupakan pusat matematika. Bagian ini merupakan pengendali intelellligence quotient (IQ). Daya ingat otak ini juga bersifat jangka pendek.
    Sebagai contoh orang2 yang  mahir dalam ilmu menghitung atau matematika dan sejenis ilmu eksaks lainnya mereka cenderung  tidak menyukai hal2 yang berbau seni seperti music, puisi,mengarang,bahkan ada yang gak menulis tentang dirinya sendiri,karena mererka berpikir pada suatu pikiran yang berumus dan menghasilkan suatu hasil yang pasti,,,,sehingga mereka lebih baik diam dari pada salah..
Namun lain pula yang lebih memproyeksi otak kanannya ,yang cenderung memandang hidup seperti permainan tanapa beban,tanpa takut salah ,pandai membuat suatu yang biasa menjadi luara biasa.tapi jeleknya  gak bisa di bedakan  kapan dia berpura-pura,kapan dia bersungguh-sungguh dalam bergaul dan bersosisalisasi.

Menyeimbangkan fungsi otak
Dalam beberapa hasil survey saya pada 1 thun belakangan ini keseimbangan fungsi otak dapat dilakukan dengan berbagai tahap yang pasti membuat seorang ahli sains mahir bermain music  dan memiliki diksi kata yang indah dla

Memperoleh Emotional quotient (EQ)
·       I. Proyeksikan keseimbangan lingkungan pergaulan ,harus memperluas pergaulan seperti ahli para sains jangan hanya berinteraksi dengan club sainsnya aja, cari suasan yang baru seperti club music atau sekedar ikut latihan tari shuffle atau semacamnya.kerena perkembangan otak hampir 50% di pengaruhi lingkungan.
·        II.Kurangi untuk berbicara langsung pada pokok permasalahannya,berilah 2-5 kata kalimat pendukungnya sehingga penyampaian sedikit lebih fleksibel untuk seorang seniman
·       III. Sering2lah menulis tentang kehidupanmu mulai dari hal2 kecil
·       IV Berusaha lah unruk mencintai adanya perbedaan dan jangankan terlalu hirau ketakutan kita terhadap suatu kesalahan.proyeksikan hati kita bahwa kita salah untuk kebenaran.
·      V  Memulailah suatu kegiatan yang paling kamu benci selama ini karena hal ini plaing ampuh dalam menyeimbang kemampuan otak ‘karena melatih seseorang untuk hidup di berbagai belahan dunia kehidupan
·       VI Dengarkan lagu2 yang energick dan pilihan diksi nya banyak mengandung konotasi2 yang membuat kita berusaha mencerna maknanya,di dengarkan bersamaan dengan  saat  jam belajar anda.
·        VIIMenambah atau mengubah sedikit pendapat ahli2 sains menjadi suatu proyeksi yang timbul dari kata2 anda sendiri

Memperoleh Intelligence quotient (IQ)
·        I.Ubahlah sedikit diksi dengan fakta2 ilmu pengetahuan, dan proyeksikan bahwa anda harus membaca satu litereatur ilmiah sebelun bersosialisasi dengan masyarakat.
·      II Berusaha untuk serius dalam belajar apapun.
·      III  Carilah teman dekat anda yang pintar dalam hal pelajaran ilmiah sekedar untuk tukar menukar sediit pengetahuan.
·    IV    Mengganti kebiasaaan membaca buku fiksi dengan buku2 ilmiah terbaru.
Proyeksi kan pendapat2 ilimiah ke diksi anda.   
V.   Selalu memikir kana pa yang anda lakukan baik sesudah maupun sebelum melakukannya. 
 Semua akan menjadi suatu tips yang bisa membantu anda jika dicam kan sebagai sebagai sugesti tanpa      rasa ragu dan takut salah atau gagal..(efrizar hartomy.)


Next Post Previous Post