Keseimbangan
kerja otak kita
Oleh= efrizar hartomy
Dalam kehidupan sering kali kita temukan
perbedaan yang mencolok antara anak yang lebih memproyeksikan otak
kanan atau anak yang lebih memproyeksi keotak kiri;
Fungsi otak kanan; berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ).
misalnya sosialisasi, komunikasi,interaksi dengan manusia lain serta
pengendalian emosi.pada otak kanan pula terdapat kemampuan intuitif, kemampauan
merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh,seperti menyanyi ,menari dan melukis,
Otak kiri berfungsi; berfungsi dalam hal2 yang berhubungan dengan logika, rasio,
membaca,serta merupakan pusat matematika. Bagian ini merupakan pengendali
intelellligence quotient (IQ). Daya ingat otak ini juga bersifat jangka pendek.
Sebagai contoh orang2 yang mahir dalam ilmu menghitung atau matematika
dan sejenis ilmu eksaks lainnya mereka cenderung tidak menyukai hal2 yang
berbau seni seperti music, puisi,mengarang,bahkan ada yang gak menulis tentang
dirinya sendiri,karena mererka berpikir pada suatu pikiran yang berumus dan
menghasilkan suatu hasil yang pasti,,,,sehingga mereka lebih baik diam dari
pada salah..
Namun lain
pula yang lebih memproyeksi otak kanannya ,yang cenderung memandang hidup
seperti permainan tanapa beban,tanpa takut salah ,pandai membuat suatu yang
biasa menjadi luara biasa.tapi jeleknya gak bisa di bedakan kapan
dia berpura-pura,kapan dia bersungguh-sungguh dalam bergaul dan
bersosisalisasi.
Menyeimbangkan fungsi
otak
Dalam
beberapa hasil survey saya pada 1 thun belakangan ini keseimbangan fungsi otak
dapat dilakukan dengan berbagai tahap yang pasti membuat seorang ahli sains
mahir bermain music dan memiliki diksi kata yang indah dla
Memperoleh
Emotional quotient (EQ)
· I.
Proyeksikan
keseimbangan lingkungan pergaulan ,harus memperluas pergaulan seperti ahli para
sains jangan hanya berinteraksi dengan club sainsnya aja, cari suasan yang baru
seperti club music atau sekedar ikut latihan tari shuffle atau
semacamnya.kerena perkembangan otak hampir 50% di pengaruhi lingkungan.
· II.Kurangi
untuk berbicara langsung pada pokok permasalahannya,berilah 2-5 kata kalimat
pendukungnya sehingga penyampaian sedikit lebih fleksibel untuk seorang
seniman
· III.
Sering2lah
menulis tentang kehidupanmu mulai dari hal2 kecil
· IV
Berusaha
lah unruk mencintai adanya perbedaan dan jangankan terlalu hirau ketakutan kita
terhadap suatu kesalahan.proyeksikan hati kita bahwa kita salah untuk
kebenaran.
· V
Memulailah
suatu kegiatan yang paling kamu benci selama ini karena hal ini plaing ampuh
dalam menyeimbang kemampuan otak ‘karena melatih seseorang untuk hidup di
berbagai belahan dunia kehidupan
· VI
Dengarkan
lagu2 yang energick dan pilihan diksi nya banyak mengandung konotasi2 yang
membuat kita berusaha mencerna maknanya,di dengarkan bersamaan dengan
saat jam belajar anda.
·
VIIMenambah
atau mengubah sedikit pendapat ahli2 sains menjadi suatu proyeksi yang timbul
dari kata2 anda sendiri
Memperoleh Intelligence
quotient (IQ)
· I.Ubahlah
sedikit diksi dengan fakta2 ilmu pengetahuan, dan proyeksikan bahwa anda harus
membaca satu litereatur ilmiah sebelun bersosialisasi dengan masyarakat.
· II
Berusaha
untuk serius dalam belajar apapun.
· III
Carilah
teman dekat anda yang pintar dalam hal pelajaran ilmiah sekedar untuk tukar
menukar sediit pengetahuan.
· IV
Mengganti
kebiasaaan membaca buku fiksi dengan buku2 ilmiah terbaru.
Proyeksi
kan pendapat2 ilimiah ke diksi anda.
V.
Selalu
memikir kana pa yang anda lakukan baik sesudah maupun sebelum melakukannya.
Semua akan menjadi suatu tips yang bisa membantu anda jika dicam kan
sebagai sebagai sugesti tanpa rasa ragu dan takut salah atau gagal..(efrizar
hartomy.)